Blog Pakpak

Kamis, 20 September 2012

TATAK DALAM UPACARA ADAT KEMATIAN

Upacara Adat Kematian
PAKPAK ADALAH PAKPAK - " Pakpak Kirana "

Keterangan :
1. Foto upacara kematian orang tua saya Alm. Gr. T. Berutu ( Mpung Titin Berutu) di Kuta Kersik Singgabur Pakpak Bharat.
2. Saya bersama putri saya mempunyai tatak (tari) yang berbeda mengingat kedudukan saya dengan putri saya berbeda dalam adat.
3. Saya (laki-laki) berkedudukan sebagai kula-kula yang akan memasu-masu pihak beru, sedang Putri saya berkedudukan sebagai beru.
4. Kula-kula memasu-masu (memberkati ) beru (vide bentuk tangan) sedangkan beru menerima pasu-pasu,  cara kula-kula menyampaikan pasu-pasu adalah meletakkan kedua telapak tangannya di kepala beru.
5. Kula-kula tangannya memasu-masu, sedang beru tangannya seperti bersembah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda :